Ada Berapa Jenis Website Yang Telah Anda Ketahui?

Jika ditanya, strategi pemasaran apa yang paling murah dan paling efisien untuk jangka panjang, maka jawaban kami adalah ; memiliki website. Jika anda adalah seorang entrpreneur, mencurahkan fokus anda pada desain website yang baik serta optimisasinya sangat penting untuk membangun bisnis Anda. Sebagai informasi, hingga detik ini ada lebih dari 1,7 miliar website online, semua jenis website ini dibuat untuk berbagai tujuan dan menyediakan berbagai jenis informasi untuk anda jelajahi.

Nah sekarang pertanyaannya ; jenis website seperti apa yang harus anda buat? bukan hanya orang awam, seorang developer yang sudah terbiasa membangun website pun terkadang masih bingung jika dihadapkan pada situasi ini.

Baca Juga : 91 Contoh Kemasan Kopi Yang Unik dan Akan Membuat Anda Ternganga

Namun jangan khawatir, inilah tujuan utama artikel ini kami buat, agar anda dapat memahami dengan jelas perbedaan dan fungsi masing-masing jenis website, serta jenis website seperti apa yang paling cocok untuk usaha Anda.

jenis website hero image
Ilustrasi dari Envato Element

Apapun profesi anda saat ini, baik seorang desainer maupun pemilik usaha kecil, Anda harus terbiasa dengan berbagai jenis website yang ada di luar sana, tujuannya agar Anda dapat memutuskan mana dapat memenuhi kebutuhan Anda. Mempelajari jenis website kompetitor anda di industri yang sama sama hal nya dengaan riset kompetitor, namun lebih mudah dan gratis! Menggunakan tools SEO gratis yang banyak bertebaran diluar sana, Anda bisa mendapatkan insight terkait target konsumen mereka dan menggunakannya untuk keperluan pemasaran anda.

Oke, sekarang mari kita simak, berikut adalah 8 jenis website sesuai dengan nama dan fungsinya :

1. Homepage

Homepage atau beranda adalah pusat utama website anda yang berfungsi sebagai representasi brand anda.

Beranda Anda dapat membantu pengunjung situs untuk menavigasi dan menjangkau berbagai area di situs anda. Selain navigasi, beranda juga berfungsi sebagai channel konversi. Karena mayoritas orang akan mengunjungi situs Anda melalui beranda, maka disinilah fungsi desain menjadi sangat penting.

Dari penjelasan diatas, beranda memang dapat difungsikan untuk peran yang berbeda-beda, namun berbicara tentang desain (Ui / Ux), hal terpenting yang harus diingat adalah tujuan beranda sebagai pusat navigasi utama dan halaman yang paling menarik bagi pengunjung situs.

Jelaskan bisnis anda secara sederhana agar mudah dimengerti dan tawarkan unique value proposition (UVP) dengan jelas. Ciptakan hierarki situs yang baik dan struktur navigasi yang mudah dijelajahi di beranda. Gunakan palet warna, logo, dan konten brand Anda yang relevan dengan bisnis yang anda jalankan. Pilih gambar yang bisa mewakili proposisi bisnis anda, sebuah foto yang mampu menceritakan cerita tentang siapa Anda dan layanan atau produk yang anda jual melalui gambar dan rangkaian kata-kata.

jenis website 22lasers.com
Homepage 22lasers.com

Website yang kami buat untuk 22lasers sedikit banyak bisa mewakili contoh dari jenis website dengan konsep Homepage ini. Perhatikan navigasi ditengah halaman yang diatur transparan agar pengunjung fokus pada gambar hero image dan kata-kata yang ada. Karena halaman ini juga berfungsi sebagai channel penjualan, jika anda scroll kebawah maka anda akan mendapatkan penjelasan dan penawaran tentang produk dan layanan mereka.

2. Jenis Website Majalah

Jenis website majalah biasanya lebih banyak menampilkan artikel, foto, dan video yang informatif serta mengedukasi. Dalam dua puluh tahun terakhir, industri majalah cetak telah berubah dari yang hanya menggunakan media cetak saja menjadi sebagian format digital. Jenis website majalah seperti ini berfungsi dengan baik sebagai sebuah website informasi, seperti misalhnya website publikasi dari universitas atau organisasi.

Jika Anda ingin membangun sebuah website majalah, saran kami mulailah dari membangun kerangka dasar. Pengunjung dipastikan selalu melihat layout yang sama saat mereka mendarat di landing page website Anda, selain itu setiap artikel juga harus memiliki tata letak dan navigasi yang sama.

Jangan lupa untuk mengatur seberapa responsif keseluruhan desain terhadap berbagai ukuran layar untuk memastikan konten Anda mudah dibaca baik di desktop maupun smartphone.

Situs web majalah Urban Omnibus
Dari Omnibus

Urban Omnibus adalah website majalah online dengan tata letak majalah yang termasuk tradisional. Konsep masalah mereka saat ini disajkikan dengan hero image dan sebuah kotak yang menjelaskan apa yang terkandung di dalam artikel unggulan. Di bagian bawah, posting yang ditampilkan menggunakan konsep tata letak grid dari setiap kolom di majalah disertai gambar, judul, dan deskripsi singkat tentang apa yang akan pembaca temukan di dalam setiap artikel.

3. Jenis Website e-Commerce

Seperti namanya, jenis website web e-commerce ibarat sebuah toko yang menjadi tujuan belanja online pengguna agar dapat membeli produk atau layanan dari perusahaan Anda.

Halaman website e-commerce yang bagus harus dapat memudahkan pengguna untuk menelusuri berbagai produk, memfilter produk berdasarkan kategori, menampilkan promo khusus serta melakukan proses pembelian. Cara paling mudah untuk membangun jenis website ecommerce tentunya adalah melalui platform e-commerce yang memberika solusi lengkap seperti Shopify atau Squarespace.

Baca Juga : Tips Untuk Membuat Desain Yang Lebih Baik + 25 Contoh Desain Grafis Terbaik

Tim Anda juga dapat dengan mudah mengupdate stok barang secara online serta menambahkan produk baru. Selain itu, karena sistem online ini saling terkoneksi secara otomatis, mulai dari penjualan, logistik hingga pemasaran semuanya nanti akan memberikan anda info lengkap tentang segala proses yang terjadi dengan website ecommerce anda. Untuk desain sendiri, platform e-commerce umumnya menawarkan beberapa template yang bisa anda gunakan sesuai dengan jenis usaha anda.

jenis website ecommerce
Dari Blibli

Contoh paling mudah untuk menjelaskan jenis website ecommerce adalah Blibli. Mereka menjual berbagai macam produk, yang artinya ada banyak item yang harus ditampilkan di halaman depan website mereka. Coba anda perhatikan bagaimana mereka memecah item ke dalam kategori tertentu namun juga menawarkan penawaran khusus yang disorot untuk periode tertentu di beranda mereka. Setiap foto dan gambar yang digunakan dibuat secara profesional dan menunjukkan produk dengan jelas dan menarik, deskripsi singkat pada thumbnail dengan penjelasan yang lebih detail pada halaman produk.

4. Blog

Blog adalah jenis website yang menampilkan artikel, foto, dan video yang diperbarui secara berkala. Sebuah Blog bisa berbentuk seperti website yang berisi konten pribadi yang lebih kasual. Namun saat ini, batasan antara Blog kasual dan Majalah yang bertransformasi ke online sudah menjadi kabur. Saat ini sudah sangat umum bagi Brand dan bisnis besar untuk memiliki blog sendiri.

Baca Juga : Jangan Salah, Korporasi Juga Butuh Branding! Baca Alasannya Disini

Sebagai bagian dari usaha content marketing, menambahkan konten yang spesifik dapat membangun trust dan meningkatkan kredibilitas perusahaan secara keseluruhan.

Namun, blog bisa menjadi momok yang merepotkan untuk perusahaan kecil. Karena konsistensi yang harus di lakukan untuk dapat mengupdate isi blog secara periodik. Jadi, pastikan Anda memiliki tim dan strategi untuk menjaga konten tetap fresh sebelum Anda mempertimbangkan untuk Blog sendiri.

Nourish Eats situs web blog
Melalui Nourish Eats

Kami menyukai apa yang dibuat oleh Nourish Eatas ini, mereka membuat segala desain yang sederhana dan fokus pada konten di blog-nya. Alih-alih menggunakan slider di bagian atas halaman, mereka mengintegrasikan slider yang dapat bergeser ke kanan, yang menunjukan berbagai kategori di website mereka. Slider ini juga menjaga konten tetap segar dan meningkatkan aktifitas pengguna. Pengguna yang berkunjung dapat menavigasi pada bagian manapun atau menggunakan panah untuk maju atau mundur.

5. Jenis Website Portofolio

Jenis website portofolio memungkinkan para kreatif profesional untuk menampilkan karya terbaik mereka. Jenis website seperti ini sangat cocok untuk artis, pelukis, penulis, desainer, videografer dan lain-lain.

Baca Juga : Intip 23 Desain Kartu Nama Ini Agar Anda Tampak Professional

Saat Anda membangun jenis website seperti ini, anda tidak perlu pusing menambahkan setiap proyek yang pernah anda kerjakan. Alih-alih, cukup fokus untuk membagi dan membuat kategori item pilihan dan tampilkan hanya karya terbaik dari setiap kategori. Terkait konsep dan desainnya, jenis website portofolio pada dasarnya sedikit lebih condong ke arah yang lebih kreatif, jadi jenis website seperti ini kesempatan anda untuk mencoba layout yang unik atau menambahkan fitur menarik lainnya.

situs web portofolio gautier maillard
Melalui Gautier Maillard

Portofolio online untuk desainer Gautier Maillard adalah perpaduan sempurna antara kreativitas dan presentasi proyek terbaik. Saat pengguna scroll ke bawah halaman, gambar akan berganti. Jika anda meng-klik gambar apa saj anda akan melihat berbagai promo proyek lainnya. Jika Anda ingin tahu lebih banyak profil sang desainer, anda tinggal klik tombol navigasi tentang-saya di sudut kanan atas dan anda akan mendapatkan info bahwa dia tinggal di Paris. Layout dan strategi seperti ini dapat berfungsi karena fokusnya ada pada pekerjaannya yang sebenarnya dengan teks yang terbatas. Yang juga harus anda ingat pengguna umumnya memproses dan mengingat gambar lebih baik daripada hanya teks saja.

6. Jenis Website Landing Page

Landing page atau juga kada disebut sales page adalah sebuah jenis website spesifik yang dibuat untuk mendukung kampanye pemasaran yang mendorong pengunjung untuk mengambil tindakan tertentu.

Konten pada landing page harus dibatasi dan hanya mengarah ke ajakan untuk mengambil bertindak (Call to action / CTA) yang Anda inginkan untuk dilakukan pengguna. Misal membeli sebuah produk fisik atau layanan digital seperti software HR berlangganan.

Baca Juga : 25 Contoh Desain Grafis Terbaik dengan Berbagai Gaya dan Style

Biasanya desainer akan memberikan banyak ruang putih di sekitar CTA menyingkirkan elemen yang tidak terkait dengan tujuan kampanye itu untuk halaman lain.

Shopify situs web halaman arahan
Melalui Shopify

Landing page uji coba gratis Shopify memberikan headline utama yang sederhana dan ajakan untuk mengambil tindakan, seperti kata-kata misalnya “Mulai uji coba gratis.” Semua elemen yang ada pada halaman ini mengarahkan pembeli melalui perjalanan yang sangat spesifik yang dimaksudkan agar para pengunjung ini menjadi prospek yang berkualitas. Mereka menggunakan gambar yang relevan dan trendi dan menambahkan sedikit efek 3D dengan kacamata hitam di sudut sembari menunjukkan seperti apa layout situs shopping mereka.

7. Jenis website media sosial

Saat ini mungkin ada sekitar 2,77 miliar orang di media sosial yang mengggunakan berbagai platform berbeda. Tidak peduli siapa target audiens Anda, mungkin anda akan menemukan mereka di Facebook, Twitter, Instagram , Snapchat atau LinkedIn.

Meskipun Anda tidak dapat mendesain ulang platform sosial media ini, disatu sisi Anda memiliki kontrol atas tampilan halaman sosial media milik Anda, selain itu Anda juga dapat menciptakan konten yang mendorong pembaca untuk membagikannya ke akun sosial media mereka.

Baca Juga : Berikut adalah 6 Tips Agar Kemasan Anda Tampil Menarik Di Rak Pajang

Sekarang coba cek semua halaman sosial media anda, pastikan anda menampilkan brand anda secara konsisten di semua halaman media sosial Anda dan halaman web, sehingga pengguna langsung tahu brand Anda. Gunakan logo dan pilihan warna yang konsisten dan sesuai dengan teman Brand anda. Pilih nada tulisan dan kepribadian tertentu yang saat menyampaikan semua konten.

Saat membuat konten, fokuslah pada hal-hal yang berpotensi tinggi untuk dibagikan di media sosial, seperti video yang menghibur, infografis, meme, laporan mendalam dan penawaran gratis.

Nutella Facebook situs web media sosial
Melalui Nutella di Facebook

Halaman Facebook Nutella menunjukkan campuran konten yang menarik yang semuanya tampak senada dengan palet warna dan tampilan merek secara keseluruhan. Mereka menampilkan meme yang dibuat khusus untuk media sosial, seperti “Hari ini, saya akan membagikan Nutella saya dengan …” Namun, mereka juga menawarkan video dan ide terkait cara menggunakan produk mereka dengan cara yang unik.

Perhatikan bagaimana mereka juga menampilkan tombol media sosial di situs web sehingga pengguna dengan mudah menemukannya di berbagai platform.

8. Direktori dan halaman kontak

Direktori atau halaman kontak adalah tempat di mana pengguna dapat terhubung dengan Anda atau orang lain.

Jenis situs website ini berfungsi dengan baik ketika Anda ingin mendaftar pada sebuah repositori bisnis atau orang-orang dalam sebuah organisasi. Misalnya, direktori restoran lokal yang menampilkan berbagai profil restoran di area tersebut lengkap dengan menu, kisaran harga, nomor telepon, dan ulasan.

Baca Juga : Sedang Mencari Desain Grafis? Pertimbangkan Hal-hal ini Sebelum Memilih

Inti dari jenis website direktori ini adalah menciptakan peluang bagi website-website yang berada pada direktori tersebut. Contohnya begini, sebuah asosiasi dokter gigi lokal di sebuah kota bisa mendaftarkan setiap anggota mereka, bidang keahlian mereka dan informasi kontak mereka.

Situs direktori manta
Melalui Manta

Manta adalah direktori bisnis yang menampilkan usaha kecil berdasarkan lokasi. Selain kemampuan pencarian kata kunci, situs ini menawarkan penjelajahan kategori di berbagai bidang seperti restoran, kontraktor, dan dokter. Perusahaan dapat menambahkan entri ke direktori dan situs menghasilkan uang melalui iklan.

Pilih jenis website yang tepat untuk audiens Anda

Desain yang baik lebih dari sekadar tampilan yang menarik, tetapi juga harus mampu mendorong keterlibatan pengguna dan ditargetkan untuk kebutuhan pengunjung website. Perhatikan apa yang telah dilakukan perusahaan lain dengan desain website mereka dan identifikasi format mana yang paling cocok untuk setiap proyek anda. Mengetahui apa yang telah dicapai orang lain dengan berbagai jenis halaman website akan memberikan Anda paramater yang kuat untuk jenis situs website yang paling cocok untuk Anda.

Leave a Reply

Chat Saya Sekarang
1
Konsultasi gratis via Whatsapp
Powered by Join.chat
Halo, ada yang mau ditanyakan tentang jasa desain, branding atau website dan SEO?