Jasa Desain Grafis Surabaya – Beberapa Hal Yang Wajib Anda Pertimbangkan

Sebagian besar pemilik bisnis bukanlah desainer grafis, atau bahkan tidak memiliki pengetahuan tentang desain grafis sama sekali.

Tugas ini biasanya akan dikerjakan oleh orang lain, baik karyawan, freelancer, ataupun agen penyedia jasa desain grafis surabaya

memilih jasa desain grafis

Untuk perusahaan yang tidak memiliki karyawan khusus untuk menangani kebutuhan desain grafis, penyedia jasa desain grafis menjadi pilihan utama,

Salah satu alasannya adalah karena sebuah agensi kreatif mampu menangani bermacam-macam bentuk desain grafis yang dibutuhkan oleh pemilik bisnis.

Baca Juga : 6 Hal Yang Belum Anda Ketahui Tentang Corporate Branding

Umumnya Agensi kreatif memiliki orang-orang dengan spesialisasi masing-masing.

Dari sekian banyak Usaha atau agensi kreatif yang menawarkan jasa desain grafis, menemukan yang terbaik bukanlah perkara mudah, khususnya yang benar-benar sesuai  dan memahami kebutuhan anda?

Pada artikel dibawah kita akan membahas 8 hal yang harus dipertimbangan sebelum anda memilih penyedia jasa desain grafis surabaya untuk proyek anda.

Buatlah detail proyek

Sebelum mulai mencari jasa desain grafis yang anda butuhkan, buatlah list terkait kebutuhan anda.

Beberapa poin di bawah mungkin bisa memberikan sedikit gambaran.

  • Tentukan apa yang paling anda butuhkan dalam membangun branding anda : logo baru, desain atau perbaikan situs web, branding visual untuk produk dan  kemasan, atau yang lainnya?
  • Tentukan target market anda dengan jelas. Poin ini nantinya akan membantu agensi untuk menentukan warna, visual, serta tipografi yang dibutuhkan.
  • Tentukan budget yang anda miliki, dan sampaikan kepada penyedia jasa atau agensi yang nantinya akan anda hubungi.
  • Jangan lupa tentukan deadline untuk proyek anda tersebut

Baca Juga : 91 Desain Kemasan Kopi Menakjubkan Yang Akan Membuat Anda Terpana

Mencari ide dan referensi

Cobalah untuk mencari referensi dari berbagai sumber terkait yang sedang anda butuhkan. Sumbernya bisa dari mana saja. Bisa dari berbagai situs, seperti pinterest atau instagram, atau bahkan dari kompetitor anda. Simpan semua ide yang menurut anda cocok.

Nantinya anda bisa mendiskusikan ide-ide tersebut bersama dengan desainer yang anda pilih, untuk dikembangkan sesuai dengan brand anda.

Mulai pencarian anda

Anda bisa mulai melakukan pencarian di google. Namun karena banyaknya informasi yang ada, pencarian ini mungkin akan tidak akan praktis dan efisien. Kalaupun anda tetap ingin melakukannya, batasi pencarian dengan lokasi, jenis dan ukuran bisnis, serta anggaran yang anda miliki. Anda juga bisa melakukan pencarian di LinkedIn, instagram, atau media sosial lainnya.

Cara lainnya adalah dengan bertanya kepada pemilik bisnis lain yang desainnya anda sukai. Jangan merasa malu untuk menanyakan agensi mana yang mereka gunakan. Biasanya mereka justru akan merasa tersanjung karena anda memuji pilihan mereka, dan dengan senang hati memberikan kontaknya kepada anda. 

Baca Juga : Pahami Hal Ini Sebelum Menyewa Desainer Kemasan Produk

Mempersempit pencarian dan memperdalam informasi terkait jasa desain grafis

Setelah anda menemukan beberapa agensi yang menarik perhatian anda, mulailah mengecek situs web serta portofolio mereka. Apabila agensi tersebut mencantumkan nama perusahaan yang menjadi klien mereka, perluas pengecekan hingga ke perusahaan-perusahaan tersebut.

Apabila anda menemukan perusahaan yang serupa dengan bisnis yang anda jalankan, anda bisa menindaklanjutinya dengan berdiskusi lebih lanjut dengan agensi tersebut. Ketika agensi sukses menangani suatu perusahaan, berarti agensi tersebut telah memiliki cukup pengalaman untuk menangani bisnis sejenis.

Jangan lupa untuk membahas anggaran dari setiap proyek yang tertera dalam portofolio. Apabila terlalu tinggi, maka saatnya anda beralih untuk mencari agensi lain.

Cek akun media sosial

Ada begitu banyak hal yang bisa anda pelajari dengan mengakses dan mengikuti media sosial dari agensi yang bersangkutan. Anda bisa berdiskusi dan mengajukan beberapa pertanyaan terlebih dahulu, dan anda juga bisa mengetahui bagaimana cara mereka berkomunikasi serta menanggapi kritik ataupun masalah.

Sebagian besar agensi tentunya memiliki LinkedIn. Selain itu, ada baiknya anda juga mengecek facebook, instagram, twitter, serta pinterest yang mereka miliki.

Menindaklanjuti hasil seleksi

Pada tahap ini tentunya anda telah memiliki beberapa kandidat kuat. Agensi tersebut mungkin berada satu kota dengan anda, mungkin juga berasal dari luar kota atau bahkan luar negeri. Jangan jadikan jarak sebagai alasan. Ingat bahwa anda tetap bisa berkomunikasi dengan baik melalui banyak cara, termasuk dengan video call.

Komunikasi Awal

Saat memutuskan untuk menghubungi agensi pilihan anda, pastikan apa yang ada dalam catatan anda tersampaikan dengan baik.

  • Buat agensi sadar akan tujuan anda atas proyek tersebut
  • Berikan informasi detail tentang perusahaan anda, termasuk brand dan nilai-nilai yang dimiliki
  • Berikan informasi tentang target market anda
  • Informasikan anggaran yang anda miliki.
  • Berikan deadline atas proyek tersebut

Semua harus disampaikan dengan jelas dan tepat. Pastikan juga bahwa semuanya terdokumentasi dengan baik sehingga memudahkan anda maupun agensi dalam memantau apa yang dibutuhkan.

Evaluasi Tanggapan

Agensi yang tertarik untuk bekerja sama dengan anda tentu akan menghubungi anda serta meminta waktu untuk berdiskusi lebih lanjut. Atur waktunya, sampaikan semua yang menjadi kebutuhan anda serta referensi ide yang anda miliki.

Anda juga perlu meminta detail pengerjaan proyek, terkait siapa saja yang menangani dan berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai dengan selesai. Pastikan bahwa agensi siap untuk melakukan komunikasi formal maupun informal selama proyek berjalan.

Pada akhirnya, hanya anda yang benar-benar memahami apa yang menjadi kebutuhan bisnis anda. Agensi hanya berusaha menggali dan menerjemahkan ide yang anda miliki menjadi bentuk komunikasi visual yang bisa diterima dan menarik perhatian konsumen.

Pastikan anda mengkomunikasikan segala sesuatunya secara detail dan jelas, sehingga proyek tersebut bisa berjalan dengan lancar dan bisnis anda bisa terus berkembang sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Butuh Desainer Grafis?

Saya dapat membantu proyek & usaha anda tampak lebih baik dan professional.

Chat Whatsapp

Leave a Reply

Chat Whatsapp
1
Ada yang ingin ditanyakan?
Hallo,ini Tita
Ada yang bisa saya bantu?