6 Langkah Menciptakan Desain Kemasan Unik Agar Menarik Di Rak Pajang

Berdasarkan hasil riset FMI (Food Marketing Institute) sebuah lembaga nirlaba yang mengkaji berbagai aspek dalam industri makanan dan supply chain supermarket, supermarket di amerika rata-rata memiliki sekitar 40,000 item produk yang berbeda.

Di Amerika sana, industri yang memiliki nilai pasar lebih dari $600 miliar ini sangat bergantung kepada konsumen, distributor, produsen dan … desainer grafis.

Desain kemasan unik untuk produk atau desain kemasan, sebagai sebuah cabang disiplin dari desain grafis, bisa dikategorikan sebagai sebuah industri yang berdiri sendiri.

Mayoritas agensi desain di kota kota besar seperti Jakarta atau Surabaya memiliki puluhan bahkan ratusan desainer grafis yang hampir semuanya difokuskan pada pembuatan branding yang kuat melalui desain kemasan unik, desain kemasan makanan ringan dan branding.

Dengan semakin banyaknya pengusaha yang masuk kategori UMKM di Indonesia, desain kemasan produk merupakan kategori desain grafis yang sedang berkembang pesat, membuka berbagai kesempatan baru bagi para desainer berbakat untuk membangun portofolio mereka.

Namun kategori desain grafis yang satu ini menuntut mata yang jeli & bagus, serta pemahaman yang baik tentang riset pasar untuk memahami siapa target market yang akan mengkonsumsi dan menggunakan produk yang akan didesain.

Jadi apa saja yang menjadikan sebuah desain kemasan unik dikatakan berhasil atau gagal?

Mari kita simak pembahasannya dibawah ini

Baca Juga : Kenali 8 Jenis Website Ini Jika Anda Ingin Sukses Di Dunia Digital

1. Kejelasan dan kesederhanaan

Nanti saat Anda pergi berbelanja ke supermarket, coba pilih rak secara acak dan jelajahi beberapa produk dari kategori yang berbeda-beda. Lihat sekilas masing-masing produk tersebut dan coba tanyakan pada diri anda dua pertanyaan sederhana ini :

  1. Untuk apa produk ini?
  2. Apa nama brand produk ini?

desain packaging makanan

Sebuah contoh yang bagus dari desain kemasan yang sederhana, jelas namun tetap terlihat khas.

Anda akan kaget dengan betapa sulitnya menjawab pertanyaan penting ini dalam waktu kurang dari 4 detik, waktu yang notabene merupakan rata-rata waktu maksimum yang dibutuhkan seorang konsumen untuk memutuskan produk mana yang akan mereka beli di sebuah rak pajang supermarket.

Anda bisa dengan mudah menemukan puluhan produk yang mencantumkan berbagai manfaat tanpa mencantumkan merk atau brand yang jelas.

Anda juga bisa menemukan berbagai produk yang kemasannya tampak bagus di tampilan luarnya namun gagal menjelaskan apa yang ada terkandung didalam kotak kemasannya. 

Anda juga bisa jadi menemukan desain kemasan unik untuk pembersih yang sebenarnya lebih cocok digunakan untuk desain minuman jus bagi anak-anak.

Baca Juga : Sedang mencari desainer grafis? Pertimbangkan 3 hal ini sebelum memilih jasa desainer kemasan

desain packaging yang buruk

Produk pembersih ini terlihat lezat bukan? Ini adalah salah satu contoh desain kemasan yang buruk. Desain yang membingungkan konsumen dan gagal memberikan pesan yang  jelas.

Meskipun beberapa kategori produk memang dianjurkan untuk dibuat misterius (misal produk parfum dan kemewahan), kegagalan dalam mengidentifikasi dan memahami jenis produk terkait dengan isi atau kontennya, cara penggunaannya maupun identitas brand produk tersebut merupakan eksekusi yang bisa kami bilang sangat mengerikan dalam dunia desain kemasan, ujung-ujungnya tentunya saja berefek pada penghasilan kinerja penjualan yang buruk.

Jadi ingat baik-baik aturan nomor satu: buat desain kemasan produk yang jelas & desain brand yang jelas.

2. Kejujuran Desain

Seorang pemula dalam dunia desain kemasan makanan, baik dari sisi klien maupun sisi desainer, seringnya berusaha menggambarkan produk dengan cara yang paling sempurna yang bisa mereka bayangkan. Mereka akan berusaha menampilkan produk kue dengan lapisan coklat yang tampak lezat dan menawan, padahal kenyataannya konsumen nantinya hanya mendapatkan sebuah biskuit rasa coklat yang sederhana. Atau juga mereka menunjukkan berbagai jenis buah segar pada produk yogurt buah namun kenyataan nya produk yoghurtnya hanya mengandung sedikit sari buah itupun bukan buah asli.

Berusaha menggambarkan produk anda sepuluh kali lebih baik daripada produk sebenarnya akan menyesatkan konsumen dan berujung pada kekecewaan konsumen, ini semua adalah resep kinerja penjualan yang buruk dan cara menghancurkan brand dengan cepat.

desain packaging yang menipu

Produk ini mungkin terasa enak, namun kemasannya jelas menyesatkan. 

Di sinilah kejujuran pada desain berperan, konsumen tidak anti terhadap produk-produk yang terkesan simple dan murah, selama mereka tahu apa yang mereka beli! Tentu saja mereka mengharapkan “tampilan yang lebih menarik” hingga batas tertentu namun tidak sampai pada titik di mana produk akhirnya menjadi sesuatu yang sama sekali berbeda.

Sebagai seorang desainer maupun pemilik produk, tugas Anda adalah mendesain produk dengan cara terbaik agar sesuai produk aslinya namun perlu diingat jika konsumen – termasuk Anda – pantas mendapatkan informasi & produk dengan sesuai dan benar.

3. Keaslian

Orisinalitas, karakter, dan memorability merupakan inti kekuatan dari merek-merek hebat dan desain kemasan kemasan unik yang hebat.

Alasannya mudah dipahami – dengan jutaan jenis produk di luar sana, semuanya bersaing untuk mendapatkan perhatian konsumen. Satu-satunya cara terbaik untuk membedakan brand Anda adalah tampil berbeda, menjadi otentik dan orisinil.

Namun karena perihal  “orisinil” ini adalah benar-benar ranah kreativitas dan eksplorasi, agak sulit untuk memberikan saran tentang bagaimana caranya “menjadi orisinil” terutama di era sekarang ini konsumen dihadapkan dengan munculnya ratusan merek baru setiap harinya, dengan tampilan dan daya tarik tersendiri.

desain packaging orisinal

Desain kemasan ini adalah salah satu contoh yag baik dari desain kemasan yang otentik dan mudah diingat.

Saran kami, jika Anda merasa terjebak dengan desain kemasan yang tampak umum, maka terapkan gaya desain yang tidak biasa menggunakan”standar visual” yang kuat.

Misalnya, jika kompetitor anda menggunakan foto produk real, maka gunakan desain ilustrasi. Jika orang lain menggunakan layout horizontal, makan gunakan layout vertikal. Jika sebagian besar kompetitor anda menggunakan desain yang tampak kontemporer, maka coba memperkenalkan sesuatu yang retro dengan fokus pada kualitas desain.

Beranilah, jadilah produk yang tampil beda, dan jangan lupa lihat kategori produk lain untuk sumber inspirasi yang tak terduga.

Baca Juga : 91 Desain Kemasan Kopi Yang Impresif & Unik Untuk Produk Kopi Anda (Tips Mendesain Produk Kopi)

4. Tampilkan Efek Visual Saat Dipajang

Dari sudut pandang konsumen yang belanja, saat di supermarket, sebuah produk tidak akan pernah terlihat sendirian dan tidak akan tampak secara mendetail. Hal ini terjadi karena jarak pandang dari rak serta layout produk yang ditata sedemikian rupa dalam susunan baris dan kolom. Yang biasanya terlihat oleh konsumen adalah pola yang terbentuk dari susunan produk. 

Keunikan serta daya tarik produk ketika ditempatkan di rak inilah yang adalah sesuatu yang oleh retailer atau merchandiser disebut “Efek rak pajang” yang mampu membuat perbedaan besar dalam keberhasilan penjualan sebuah produk.

desain packaging di rak pajang

Inilah yang sebenarnya Anda lihat di supermarket. Produk mana yang menarik perhatian Anda lebih dulu?

Efek rak pajang adalah sebuah prinsip yang perlu Anda uji dan eksplorasi dalam rencana desain kemasan unik Anda. Anda bisa memulai hal ini dengan mensimulasikan penempatan desain Anda di rak yang sebenarnya dan mengelilinginya dengan produk lain (untuk hasil terbaik, gunakan beberapa baris dan kolom dari masing-masing produk). Semakin unik kelihatannya, maka semakin baik kemampuan jual desain tersebut.

Catatan: Anda akan kaget dengan hasilnya – terkadang desain yang tampak paling menawan hanya terlihat biasa dan tidak terlihat saat berbaur dengan jejeran produk lainya, sementara desain yang lebih sederhana malah bisa menjadi “menonjol” di area rak pajang.

Baca Juga : 25++ Contoh Gambar Desain Grafis Terbaik (+tips lebih baik dalam mendesain)

5. Ekstensibilitas (Variasi produk turunan)

Sebuah konsep desain kemasan produk atau desain kemasan sebuah produk harus memiliki skenario yang memungkinkan brand tersebut untuk menambah pengenalan produk bagi perluasan lini produk baru (variasi produk) atau mungkin tambahan sub-merek.

Misal, bayangkan Anda sedang merencanakan desain kemasan untuk sebuah jus apel merek baru. Anda dan klien telah memilih desain tertentu yang menampilkan buah apel yang terlihat sangat menraik. Namun, beberapa bulan kemudian, klien ternyata memutuskan untuk meluncurkan rasa ceri dengan nama brand yang sama.

desain packaging variatif

Desain kemasan yang baik memungkinkan variasi yang mudah tanpa kehilangan daya tarik visual.

Bagi seorang desainer tentu ini adalah kejadian yang mengecewakan, karena seorang desain yang paling paham jika konsep desain awal yang mereka buat tergantung pada gambar buah apel agar desainnya berhasil. Menggantinya dengan buah ceri bisa jadi membuat desain nya tampak berbeda dan layout desainnya tidak terlalu menarik lagi. Selain hal tersebut, menggantinya dengan buah ceri bisa jadi anda juga harus mengganti layout tulisan keterangan manfaat yang ada didepannya.

Jika anda pernah menemui hal ini, artinya desain Anda memiliki masalah dengan ekstensibilitas.

Untuk menghindari hal ini, saat mendesain desain kemasan Anda harus selalu merancang dengan mempertimbangkan rencana masa depan.

Ini  artinya menciptakan sebuah desain visual yang sistematis yang memungkinkan sebuah perubahan visual produk atau penambahan informasi lainnya dengan mudah, harapannya Anda akan mendapatkan rangkaian produk yang terlihat bagus.

Baca Juga : 8 Hal Yang Wajib Di Pertimbangkan Sebelum Memilih Jasa Desain Grafis

6. Kepraktisan (Logistik)

Kepraktisan (baca; kemudahan) erat hubungannya dengan bentuk, ukuran, serta fungsi aktual dari sebuah kemasan produk, bukan hanya tentang label atau bungkusnya. Semakin praktis sebuah produk, semakin banyak potensi penjualan yang bisa didapat – contoh nyata dari pernyataan ini terjadi ketika brand Heinz membalik desain botol kecapnya, penjualan merekapun langsung meroket.

desain packaging heinz

Mengubah hal sederhana telah membantu Heinz menjual lebih banyak kecap ketika saat industri kecap mengalami krisis pertumbuhan.

Kepraktisan adalah aspek yang paling sering diabaikan dari sebuah desain kemasan unik sebuah produk, salah satu penyebaba hal ini biasanya hanya karena klien umumnya lebih suka memilih rute yang sudah sering “dicoba dan berhasil“, ini bisa membuat sebuah peluang untuk berinovasi hilang selamanya.

Namun jika Anda beruntung dan mendapatkan kesempatan untuk mendesain desain botol, kotak atau cangkir inovatif berikutnya, selalu ingat untuk menempatkan prinsip kepraktisan terlebih dahulu , intinya adalah bagaimana Anda dapat mendesain produk yang lebih mudah digunakan, dibawa atau disimpan.

Baca Juga : Kenali 8 Jenis Website Ini Agar Bisa Sukses Didunia Digital

Kesimpulan

Desain packaging atau desain kemasan merupakan bidang desain yang potensial dan besar serta menuntut seorang desainer untuk dapat memberikan orisinalitas desain yang mempengaruhi kinerja penjualan. Hal ini tentu berguna bukan saja bagi seorang desainer namun juga bagi Anda pemiliki produk dan usaha. Sebuah desain kemasan unik produk bisa dibilang merupakan sebuah pesan di garis terdepan dalam marketing yang akan dilihat langsung oleh konsumen, serta merupakan kesempatan terakhir bagi sebuah brand dalam meyakinkan konsumen untuk membeli produk Anda. Kejelasan, kejujuran, keaslian, dan aturan lain yang dijelaskan di atas mengambil peranan penting dalam seluruh proses ini.

Jika Anda baru memahami terkait desain kemasan, saya merekomendasikan untuk mencari inspirasi dari karya agensi desain kemasan yang hebat diluar sana, misalnya seperti Dieline

Jika anda saat ini sedang membutuhkan desain kemasan untuk produk maupun usaha anda, kami di petiterabbit.com memiliki spesialisasi dalam desain kemasan. Silahkan hubungi kami untuk berkonsultasi. Desainer kami inshaAllah dapat menciptakan sesuatu yang sempurna untuk brand Anda!

Leave a Reply

Chat Saya Sekarang
1
Konsultasi gratis via Whatsapp
Halo, ada yang mau ditanyakan tentang jasa desain, branding atau website dan SEO?