Sebagai seorang fotografer, situs web merupakan bagian terpenting dari brand Anda sebagai fotografer. Hal ini mendefinisikan bagaimana seorang klien melihat website fotografi anda apakah mereka menghubungi Anda untuk melakukan sebuah penawaran untuk bisnis.

Ketika seorang fotografer memiliki keterampilan menciptakan foto yang menarik dan bagus. akan tetapi sebagai  fotografer kerap terjadi kesalahan yang berulang ketika membangun image dan mendapatkan calon pelanggan di website fotografi.

Dengan membuat website fotografi, anda bisa mulai dengan mengembangkan image serta brand sehingga mendatangkan calon pelanggan dalam jumlah banyak. Berikut adalah delapan tips untuk merancang website fotografi yang efektif dan menarik yang akan membuat menarik para pelanggan klien dan agen iklan.

1. Mulai dengan Template

situs web fotografi yang dibangun dengan Squarespace
Kate Zimmerman menggunakan template SquareSpace yang disesuaikan untuk portofolio yang indah. kamu bisa lihat di Squarespace.
situs web fotografi dibangun dengan fotofolio
Tim Tadder menggunakan salah satu opsi situs web PhotoFolio. kamu bisa lihat di Tom Tadder.
situs web fotografi dibangun dengan photoshelter
Mike Pickles menggunakan tampilan gambar dia langsung dari PhotoShelter. kamu bisa lihat di Mike Pickles.Baca juga : 3 Hal Penting Saat Memilih Jasa Pembuatan Kemasan Produk

Pernah suatu saat ketika saat ingin membuat website indah dan menarik, anda harus membayar perancang web untuk membangun situs website fotografi yang menarik dan indah. akan tetapi sekarang anda bisa membuat website foto dengan menggunakan template dari penyedia Squarespace, PhotoFolio, Pixpa, snapixa ataupun penyedia situs template website lainnya yang menawarkan halaman portofolio all-in-one yang sangat bagus dan menarik dengan hosting, email, koleksi template yang kaya. Tentu saja beberapa pembuat template situs web memberikan sebuah template ada yang berbayar karena pastinya sangat beda dan ada yang pilihan gratis.

Namun hal tersebut beberapa orang tidak menyukai bekerja dengan template, meskipun banyak argumen yang menentangnya sudah tidak relevan lagi. Karena berbayar wajar kita mendapatkan sesuai apa yang kita beli, situs mendapatkan SEO yang bagus, dan klien juga tidak mempermasalahkan tentang website anda. juga selain itu ada mamfaat saat Anda menggunakan template, Anda mendapatkan desain responsif yang teruji menyeluruh yang terlihat bagus di semua ukuran layar. Template yang baik mudah untuk dinavigasi oleh klien dan mudah diperbarui dengan pekerjaan terbaru Anda.

Jika Anda bingung di mana menemukan template website fotografer berkualitas tinggi, coba periksa desain & template fotografi di  situs website TemplateMonster. Dalam kategori ini, Anda akan menemukan lebih dari 4000 desain dan aset yang berhubungan dengan fotografi. Semua desain responsif, SEO-friendly dan mudah disesuaikan. Lihat contoh di bawah ini:
Anna Solas – Fotografer Portofolio Situs WordPress

Detail | Demo

Jika Anda ingin membuat sendiri website fotografi , Anda masih dapat mengikuti tips ini. Gunakan template WordPress atau lainnya yang dirancang untuk situs web fotografi, dan anda akan menikmati hasil karya anda melalui website dengan lebih mudah dan menarik. Ada ratusan opsi di luar sana, dan Anda selalu dapat memulai dengan pilihan yang populer dan kemudian menyesuaikannya.

2. Pilih Fokus dan Pertahankan

situs web fotografer beall dan thomas
Jelas bahwa Beall dan Thomas adalah fotografer makanan dilihat dari gambar yang mereka perlihatkan dan judul galeri mereka. kamu bisa lihat di Beall dan Thomas.
situs fotografer yechiel orgel
Karya dari Yechiel Orgel memiliki spesialisasi yang jelas yakni nilai produksi tinggi, gambar still life, dengan penekanan pada gerakan cair. kamu bisa lihat di Yechiel Orgel.
situs fotografer potret chris sorensen
Chris Sorensen memiliki spesialisasi dalam potret editorial, dengan potret yang bersemangat dan menarik di bagian depan dan tengah. Terlihat pada halaman atas yang bertuliskan “potret,” dan tiga gambar utama memperkuat itu. Kamu bisa lihat di Chris Sorensen.Baca juga : 91 Desain Kemasan Kopi Impresif & Unik Untuk Anda

Ketika klien perusahaan atau direktur seni mengunjungi situs Anda, mereka ingin tahu spesialisasi fotografi yang anda masukkan ke dalam situs website . Misalnya, mereka mencari fotografer potret terbaik untuk pekerjaan itu, bukan seorang generalis yang memiliki beberapa potret umum yang terdiri dari foto makanan, arsitektur, olahraga, dan reportase. Klien harus tahu ketika mereka mengunjungi situs Anda.

Jika Anda belum memiliki spesialisasi, Anda akan menemukan kedudukan sama dengan fotografer yang lain. Ini bisa sulit, dan kadang-kadang bahkan emosional. Idealnya, Anda ingin menemukan sebuah bagian diagram Venn yang masih tumpang tindih berisi apa yang Anda kuasai, apa yang Anda temukan secara kreatif dan memuaskan serta apa yang diinginkan pasar. Setelah Anda menentukan spesialisasi Anda, jelaskan dengan istilah yang umum dipahami. Genre fotografi seperti potret, gaya hidup, makanan, arsitektur, olahraga, reportase, dan produk semuanya memiliki definisi dan keterampilan yang dipahami dengan baik yang terkait dengannya.

Banyak fotografer, terutama di awal karir mereka, ingin menjadi segalanya bagi semua orang. Mereka menginginkan pekerjaan apa pun yang bisa mereka dapatkan, dan portofolio mereka mencerminkan hal itu. Ketika saya seorang fotografer muda, saya melakukan hal yang sama, sangat ingin mendapatkan pekerjaan apa pun yang saya bisa. Namun, saya tidak menyadari bahwa ini bukan yang dicari klien karena klien hanya akan mencari fotografer yang memiliki sebuah spesialisasi dalam karyanya. Jika seorang direktur seni melihat situs seperti itu, mereka akan sering beralih ke yang berikutnya, mengakui fotografer sebagai tidak berpengalaman atau tidak fokus.

Untuk keluar dari jebakan ini, saya harus menerima bahwa saya tidak akan cocok untuk setiap pekerjaan. Sebaliknya, saya harus fokus pada apa yang saya kuasai. Saya mungkin kehilangan pekerjaan yang secara teknis bisa saya lakukan karena saya tidak menunjukkan pekerjaan seperti itu. Namun, saya mendapat lebih banyak pekerjaan yang sesuai dengan spesialisasi saya, dan saya melakukan pekerjaan berkualitas lebih tinggi daripada yang seharusnya saya lakukan. Klien saya lebih bahagia, dan saya juga.

Untuk menyampaikan spesialisasi karya Anda kepada klien, tunjukkan hasil foto anda untuk segera dipamerkan disitus website fotografi anda. Misalnya, jika Anda seorang fotografer gaya hidup, gambar pertama yang dilihat klien di situs web Anda harus merupakan gambar gaya hidup yang menakjubkan. Jika Anda berspesialisasi dalam gaya hidup perusahaan, pastikan itu disampaikan di galeri Anda juga. Menggunakan frasa “fotografer gaya hidup” dalam judul halaman Anda dan halaman Tentang baik untuk SEO dan pemahaman dari klien.

3. Gunakan Judul Galeri Yang Berguna

situs web fotografer petualangan christopher beauchamp
Judul galeri Christopher Beauchamp yang jelas dan ringkas membantu menjadikan keahlianny terlihat jelas. Kamu bisa lihat di Christopher Beauchamp.
Baca juga : 
akan mengatur situs web fotografer masih hidup
Will Styer menggunakan nama galeri yang lebih terperinci, dengan memecah gambar-gambar benda mati berdasarkan subjek. Klien tahu persis ke mana harus mencari untuk menemukan gambar dari kategori produk mereka. Kamu bisa lihat di Will Styer.
stephen matera website fotografer luar ruangan
Stephen Matera menggunakan judul galeri yang sangat rinci untuk menunjukkan berbagai macam pekerjaan. Kamu bisa lihat di Stephen Matera.
situs web fotografer konseptual david arky
Fotografer konseptual David Arky menyampaikan gayanya dengan judul galeri pertamanya dan karya yang ia perlihatkan. Sub-spesialisasinya tercantum di bawah Judul galeri nya, dengan urutan menurun. Kamu bisa lihat di David Arky.
Baca juga : Corporate Branding Adalah Kunci Kesuksesan Usaha Anda!

Setelah Anda mempunyai spesialisasi, Anda perlu membangun galeri untuk menyampaikan spesialisasi Anda dengan jelas. Bagian dari proses ini adalah menciptakan nama galeri yang berguna dan akurat untuk menggambarkan pekerjaan Anda.

Hindari nama-nama galeri yang tidak jelas seperti nama “orang,” “tempat” dan “barang”. Klien tidak mencari fotografer “benda” atau “tempat”; mereka sedang mencari produk atau fotografer sesuai dengan spesialisasi anda. Di situs web terbaik, klien dapat memberi tahu spesialisasi Anda hanya dengan melihat judul galeri Anda.

Buat galeri khusus dengan jumlah gambar tidak lebih dari sekitar 30 gambar per galeri. Beri galeri tersebut nama yang menjelaskan dengan jelas apa yang akan ditemukan klien di dalamnya. Cobalah untuk menghindari nama-nama yang tidak jelas seperti “proyek,” “galeri satu” atau “unggulan”. Ini tidak memberi tahu klien apa yang diharapkan dari mereka dan mereka menanyakan pertanyaan, “Apa yang terbaik dari fotografer ini?”

4. Tampilkan Hanya Karya Terbaik

tom cwenar website fotografer gaya hidup
Tom Cwenar menunjukkan banyak pekerjaan, tetapi semuanya sesuai dan menyampaikan estetika visual yang sama, sehingga memudahkan klien untuk memahami apa yang membuat foto-fotonya istimewa. Kamu bisa lihat di Tom Cwenar.
situs web fotografer makanan tyllie barbosa
Portofolio Tyllie Barbosa mengumpulkan karya yang menyampaikan gaya khususnya: bersih, overhead, dan bersemangat. Kamu bisa lihat di Tyllie Barbosa.

Ini mungkin tampak sangat jelas dalam dunia fotografi, tetapi banyak fotografer tidak menyadari bahwa bahwa foto tersebut harus memiliki kualitas yang bagus. Mungkin Anda sering memfoto dengan potret, atau butuh beberapa jam untuk mendapatkan posisi untuk lanskap tertentu. Sayangnya, jika gambar tersebut tidak memiliki gambar yang berkualitas tinggi, klien tidak akan peduli. Tidak ada cara bagi mereka untuk membagikan koneksi pribadi yang Anda miliki dengan gambar, jadi pastikan bahwa gambar apa pun mempunyai kualitas terbaik sebagai karya terbaik Anda.

Bisa menjadi masalah besar ketika mencoba untuk menjadi generalis akan tetapi belum berpengalaman, terutama pada awal karier mereka sebagai fotografi. Jika itu pendekatan yang Anda ambil, tergoda untuk menunjukkan sebanyak mungkin hasil karya anda. Lagi pula, Anda ingin menyampaikan kepada klien bahwa Anda dapat melakukan apa pun yang mereka cari.

Mencoba menjadi segalanya adalah ide yang buruk karena beberapa alasan. Yang pertama adalah kurang fokus pada keahlian Anda dan mempersulit klien untuk memahami apa yang Anda kuasai, akibatnya akan menghasilkan gambar kurang bagus yang muncul di portofolio Anda. Jika Anda bukan seorang fotografer arsitektur yang terampil, jangan tampilkan karya arsitektur sama sekali. Alih-alih, fokuslah pada spesialisasi Anda, seperti yang diuraikan di atas. Dan jika Anda tidak percaya diri untuk memilih gambar terbaik Anda, bekerjalah dengan teman atau konsultan berbakat untuk mengedit galeri Anda.

Baca juga : 8 Jenis Desain Grafis Yang Wajib Di Ketahui Para Jenius!

5. Buat Halaman “Tentang” Yang Bermakna

fotografer petualangan christopher beauchamp tentang halaman
Christopher Beauchamp memiliki halaman yang sangat jelas dan bermakna yang mana mengungkapkan sedikit kepribadiannya sambil menyampaikan apa yang dia lakukan dan mengapa klien harus mempekerjakannya. Kamu bisa lihat di Christopher Beauchamp.
baca juga : Intip 23+ Desain Kartu Nama Ini Agar Anda Tampak Professional
zack arias fotografer tentang halaman
Fotografer musik dan potret Zack Arias didalam halaman “About” mengambil pendekatan langsung, yakni memberikan jawaban yang menghibur dan informatif untuk pertanyaan “bisakah Anda mempercayai saya?” dengan menjawab secara ringkas keberhasilan dan kepribadiannya. Ini juga mencakup rincian penting dalam dua paragraf pertama, dengan daftar klien yang sangat besar. Kamu bisa lihat di Zack Arias.
fotografer perusahaan ryan ketterman tentang halaman
Fotografer korporat Ryan Ketterman memberikan sesuatu yang tepat di halaman Tentang-nya, menjaga segala sesuatunya singkat saat menyampaikan informasi penting. Kamu bisa lihat di Ryan Ketterman.Baca juga : Layanan Jasa Desain Malang Untuk Berbagai Kebutuhan

Halaman “Tentang Anda” harus menjadi yang pertama dan terpenting yang bagi klien. Sebanyak mungkin Anda ingin klien ingin mengetahui apa yang Anda sukai, halaman Tentang Anda merupakan sebuah tempat yang tepat untuk menggambarkan tentang anda. Klien tidak tertarik mengetahui model kamera pertama atau fotografer lanskap mana berbicara kepada Anda. Mereka ingin mengetahui apa yang Anda kuasai, seberapa berpengalaman dan mengapa klien suka bekerja dengan Anda.

Pada halaman “Tentang” pada website, akan dengan cepat meringkas spesialisasi dan lokasi fotografi Anda, kemudian jelaskan mengapa klien harus mempekerjakan Anda. Contoh-contoh terbaik juga memberikan gambaran sekilas tentang kepribadian Anda.

6. Berikan Informasi Kontak dengan Lengkap

halaman kontak fotografer pernikahan geoff kirby
Halaman kontak Geoff Kirby mencakup formulir kontak serta email, nomor telepon, dan alamat studionya. Kamu bisa lihat di Geoff Kirby.
halaman kontak fotografer hiburan jason bell
Halaman kontak Jason Bell mencantumkan informasi kontak langsung untuk agennya, serta informasi kontak yang dibuat khusus untuk sindikasi dan penjualan cetak. Kamu bisa lihat di Jason Bell.
Baca Juga : 3 Hal Penting Saat Memilih Jasa Pembuatan Kemasan Produk

Berbagi informasi kontak di halaman Tentang Anda adalah Baik, tetapi itu tidak cukup hanya memberikan informasi kontak. tempatkan kontak anda dengan jelas bisa di navigasi website anda dan para klien bisa mudah menemukannya. Ketika klien mengkliknya, mereka akan segera melihat nomor telepon dan alamat email Anda. Jika Anda memiliki studio atau kantor, sertakan juga alamat itu.

Tidak masalah untuk menyertakan formulir kontak di samping informasi yang akan memberikan banyak informasi kepada pemilik situs web. Namun, formulir kontak tidak boleh menjadi satu-satunya metode kontak Anda. Jika Anda khawatir tentang bot spam yang membuat spam pada email anda, gunakan SpamSieve atau tautkan email Anda ke Google Apps untuk menyaring sampah tersebut agar tidak spam di email anda.

Terakhir, pastikan untuk memiliki alamat email profesional yang dilampirkan ke domain Anda saat ini. Jika URL Anda adalah www.davidsmithphotography.com, email Anda haruslah [email protected] atau yang mendekati hal tersebut.

7. Jangan Khawatir Tentang Watermarking

situs web fotografer elliott erwitt
Meskipun gambar Eliott Erwitt sangat diminati, ia tidak peduli dengan watermark yang tidak efektif atau tidak jelas. Kamu bisa lihat di Eliott Erwitt.
steve situs web fotografer mccurry
Seperti pada gambar diatas, pekerjaan jurnalis foto Steve McCurry sangat diminati dan kemungkinan akan disalin tanpa izin, tetapi ia menghindari penggunaan watermark yang tidak menarik. Kamu bisa lihat di Steve McCurry.
Baca Juga : Jasa Desain Grafis Reliable & Professional

Banyak fotografer benar khawatir tentang foto-foto mereka dicuri dan digunakan tanpa izin mereka. Untuk mencegah pencurian ini, fotografer yang bersangkutan akan sering memberi watermark pada gambar mereka. Sayangnya, itu tidak membantu menghindari pencurian, dan itu membuat Anda terlihat buruk ketika ada yang menggunakan foto mereka tanpa adanya watermark.

Tanda watermark yang halus dapat dengan mudah dipotong, dan tanda watermark gambar penuh (seperti tanda watermark iStockPhoto) merusak gambar Anda. Jika Anda melihat situs web fotografer terkenal, sedikit menggunakan tanda watermark pada gambar mereka. Dan kebenaran yang sulit adalah bahwa watermarking terlihat kecil, merusak pendapat klien tentang Anda sebagai seorang profesional.

Watermark Juga tidak diperlukan untuk mengamankan hak cipta Anda. Jika seseorang menggunakan gambar Anda tanpa izin, Anda hanya perlu membuktikan bahwa Anda mengambil gambar untuk menuntut kerusakan. Anda tidak wajib memberi tahu pencuri bahwa gambar tersebut dilindungi hak cipta.

8. Pertimbangkan Klien Terlebih Dahulu

situs web fotografer tegu stone nuess
Portofolio Tegra Stone Nuess memiliki menu dinavigasi yang sesuai, dengan desain yang konsisten dan galeri berlabel jelas, Termasuk informasi kontaknya di setiap halaman dan bahkan memungkinkan klien untuk melihat kontak anda untuk dapat ditinjau kembali. Kamu bisa lihat di Tegra Stone Nuess.
baca juga : Jasa Desain Grafis Online Untuk Berbagai Kebutuhan Usaha
situs fotografer duncan kendall
Duncan Kendall menunjukkan galeri thumbnail karya yang kuat yang menangkap gaya visualnya, sehingga klien segera tahu apa yang diharapkan. Judul galeri yang relevan sesuai dengan apa yang difoto oleh Duncan Kendall. Kamu bisa lihat di Duncan Kendall.
Baca juga : 6 Tips Agar Desain Packaging Makanan Tampil Menarik Di Rak Pajang
zack arias situs web fotografer
Zack Arias menunjukkan spesialisasinya,yakni dengan galeri potret langsung terlihat di bawah kata “POTRET” dalam semua huruf besar. Logo bergaya sangat menarik, dan menu navigasi mudah digunakan. Kamu bisa lihat di Zack Arias.

Ketika merancang situs Website fotografi anda, selalu pertimbangkan kebutuhan klien terlebih dahulu. Situs web Anda harus menggunakan gambar besar, mudah dinavigasi, dan dengan cepat menjawab sebanyak mungkin pertanyaan klien Anda. Klien harus tahu jenis fotografer apa Anda, di mana Anda berada dan bagaimana menghubungi Anda sesegera mungkin.

Klien tidak punya banyak waktu untuk meninjau website fotografi Anda, jadi jangan memperlambatnya. Matikan transisi gambar yang lambat. Buat galeri yang mudah dinavigasi dengan tombol di layar dan navigasi keyboard, jika memungkinkan. Pastikan gambar cukup besar untuk menampilkan detail (700px pada sisi panjang) tetapi cukup kecil untuk dimuat dengan cepat. Hindari memuat halaman pembuka, animasi mewah, dan salinan imut.

Anda harus membayangkan klien potensial Anda sebagai direktur seni yang mencoba mencari fotografer yang bagus  pada jam 4:30 malam. Dapatkan simpati untuk mereka! Buat mereka mudah untuk memahami jika cocok untuk pekerjaan itu dan kemudian menghubungi Anda dengan cepat menunjukkan pekerjaan terbaik dan paling yang paling menampilkan Anda. Jika klien tidak melihat foto terbaik Anda dalam dalam beberapa detik setelah membuka halaman website Anda, cari tahu bagaimana mewujudkannya.

Setiap kali Anda membuat perubahan ke situs website, tanyakan pada diri sendiri apakah perubahan itu membuat klien lebih mudah atau sulit menemukan apa yang mereka butuhkan. Jika itu membuatnya lebih mudah, maka buatlah perubahan. Jika tidak, tidak usah merubah.

Sumber

Leave a Reply

Chat Saya Sekarang
1
Konsultasi gratis via Whatsapp
Halo, ada yang mau ditanyakan tentang jasa desain, branding atau website dan SEO?