8 Jenis Desain Grafis Yang Wajib Anda Ketahui

Jika ditanya apa hal terpenting yang harus diketahui tentang desain grafis, maka jawabannya adalah ‘tidak semua desain dapat digunakan untuk segala tujuan‘, karena kenyataannya ada banyak cabang atau jenis desain grafis untuk setiap kebutuhan anda.

Melalui penataan komposisi dan layout, desain grafis dibuat untuk mengkomunikasikan sebuah pesan melalui representasi bentuk, gambar, simbol, warna dan huruf yang telah diatur sedemikian rupa.

Meskipun beberapa desainer sering tumpang tindih dalam aplikasinya, masing-masing jenis desain grafis membutuhkan keahlian & spesifikasi khusus. Sekedar informasi, rata-rata desainer dengan bayaran yang mahal, biasanya adalah desainer yang fokus pada keahlian tertentu, misalnya ahli mendesain logo. Namun hal ini bukan berarti seorang desainer harus membatasi diri untuk mempelajari spesialisasi lain, karena dunia industri terus berubah.

Dulu mungkin trend yang lebih dibutuhkan adalah desainer baliho, saat ini desainer UI/UX bisa jadi lebih dicari akibat perkembangan dunia digital. Jadi, jangan pernah terpikir untuk berhenti belajar.

Melalui penataan komposisi, layout atau tata letak, desain grafis diciptakan untuk mengkomunikasikan sebuah pesan melalui representasi bentuk, gambar, warna atau huruf yang telah diatur sedemikian rupa.

Terlepas posisi dan latar belakang  anda, seorang desainer yang baru memulai atau pemilik usaha yang sedang membutuhkan jasa desain grafis, memahami jenis jenis desain grafis yang akan kami ulas dibawah ini kami jamin dapat membantu anda untuk memutuskan yang terbaik. Mari kita mulai!

Desain Grafis Untuk Identitas Visual

Brand atau Merek merupakan semacam koneksi antara sebuah organisasi dengan audiensnya. Identitas Visual bagi sebuah Brand adalah rangkaian upaya dimana organisasi berusaha mengomunikasikan karakter, gaya bicara, value perusahaan, emosi, serta experience. Jika disimpulkan kurang lebih seperti ini ; Identitas Visual bagi produk atau organisasi berfungsi sebagai perwakilan dalam mengkomunikasikan kualitas yang tidak ada wujudnya melalui gambar, bentuk dan warna.

jenis desain grafis untuk corporate identity

Masih ingat era penggunaan stiker untuk CD yang memuat file? memori yang indah bukan.

Seorang desainer grafis dengan keahlian menciptakan identitas visual biasanya melewati berbagai tahapan proses untuk dapat memaksimalkan desain yang dihasilkan. Dimulai dari proses briefing yang mendetail hingga brainstorming ber-jam jam untuk membuat aset-aset seperti logo, tifografi, identitas warna serta memilih koleksi foto yang merepresentasikan sebuah brand dengan tepat.

jenis desain grafis untuk identitas perusahaan atau corporate identity dengan style clean putih dan tosca

Identitas visual yang kuat dapat bercerita banyak tentang sebuah Brand hanya melalui sebuah simbol atau asosiasi sebuah warna.

Hasilnya selain digunakan untuk identitas perusahaan (corporate identity) seperti kartu nama atau stationary (kop surat, amplop, dsb), biasanya juga di tuangkan kedalam semacam brand book atau panduan identitas visual perusahaan yang menjelaskan tentang bagaimana cara menggunakan berbagai macam aset atau tifografi yang telah di ciptakan agar penerapannya selalu selaras diberbagai jenis media komunikasi.  Brand book ini yang akan memastikan konsistensi pesan yang disampaikan untuk jangka panjang.

jenis desain grafis identitas visual atau visual identity

Identitas visual yang selaras diberbagai medium akan menjaga konsistensi pesan sebuah Brand

Dalam industri desain, jenis desain grafis identitas visual merupakan spesialisasi yang paling umum kita jumpai. Bisa dibilang, ini adalah jenis desain dasar yang dibutuhkan nyaris semua jenis klien :). Itu kenapa seorang desainer yang baik,  wajib memahami hal ini untuk bisa menciptakan identitas visual terbaik.

Cara mendesain identitas visual yang lebih baik untuk brand atau perusahaan :

  1. Memiliki pengetahuan umum tentang semua jenis desain grafis agar bisa menempatkan elemen dengan tepat diberbagai jenis media.
  2. Mampu membuat brief yang mampu menggali informasi secara mendetail tentang calon klien
  3. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk bisa menyampaikan saran dan memahami keinginan calon klien
  4. Kemampuan menerjemahkan hasil brief menjadi sebuah konsep kreatif
  5. Kemampuan menganalisa jenis bisnis dan industri calon klien, siapa kompetitor nya, trend di industri mereka agar dapat merepresentasikan brand calon klien dengan tepat.

Jenis Desain Grafis Untuk Marketing & Iklan

Saya yakin, saat disebutkan kata ‘desain grafis’ yang terbayang dikepala anda adalah sebuah gambar iklan promosi di instagram atau facebook. Betul atau benar?

Diseluruh dunia, nyaris semua perusahaan bergantung pada upaya pemasaran dalam mempengaruhi proses pengambilan keputusan pada audiens yang mereka target. Sebuah upaya pemasaran yang berhasil, mampu mempengaruhi orang berdasarkan keinginan, kesadaran dan kepuasan yang mereka miliki tentang sebuah produk, jasa, atau brand. Dengan semakin banyaknya pilihan media komunikasi seperti sosial media, orang semakin terbiasa mengkonsumi berbagai konten visual yang menarik, disinilah spesialisasi jenis desain grafis untuk pemasaran dapat membantu perusahaan untuk mengkomunikasikan value dengan efektif.

infografik corona virus covid-19

Desain oleh lemongraphic singapore

Seorang desainer pemasaran biasanya berkordinasi dengan departemen marketing atau langsung dengan pemilik perusahaan. Di Indonesia jenis desainer grafis seperti ini umumnya ada di bidang advertising, namun faktor budaya dan kebiasan telah mengaburkan batasan antara murni desainer dan ‘cetak gratis desain’. Orientasi klien di Indonesia pada umumnya adalah seperti ini ;

  1. Mempertimbangkan medium iklan yang di inginkan (output), misal baliho, brosur, x-banner, dsb
  2. Mendatangi jasa percetakan baliho, digital printing, advertising, dsb
  3. Mendapatkan harga desain sangat murah (bahkan gratis) jika memesan output ditempat mereka

desain grafis infografis corona virus covid 19

Meskipun secara konservatif advertising = tukang cetak. Saat ini industri advertising & pemasaran arah perkembangan nya lebih condong ke dunia digital, khususnya untuk penggunaan konten marketing untuk berbagai medium seperti youtube dan channel sosial media lainnya.

jenis desain grafis iklan

Contoh jenis desain grafis untuk advertising & pemasaran

  • Iklan di majalah dan surat kabar
  • Poster, spanduk dan baliho
  • Infografis
  • Brosur (cetak dan digital)
  • Stiker Cover untuk mobil
  • Signage dan display pameran
  • Template pemasaran email
  • Presentasi PowerPoint
  • Menu
  • Iklan media sosial, spanduk dan gambar
  • Spanduk
  • Aset gambar untuk website atau blog

Seorang desainer grafis dengan spesialisasi advertising atau pemasaran umumnya memiliki kemampuan komunikasi diatas rata-rata, pencari solusi serta memiliki manajemen waktu yang baik. Karena biasanya mereka selalu dikejar deadline oleh klien.

Desain grafis UI / UX

Desain user interface dan user experience, disingkat UI/UX adalah cabang desain yang mengkhususkan untuk membuat tampilan website atau aplikasi dengan tujuan untuk memudahkan pengguna berinteraksi. Tujuan utama dari jenis desain grafis ini adalah memastikan desain yang dihasilkan mudah digunakan dan mampu memberikan pengalaman yang ramah kepada pengguna.

perbedaan desainer ui ux

Desain oleh Bramhall

Yang termasuk dalam user interface ialah segala sesuatu yang akan di gunakan oleh user atau audiens – bisa jadi monitor laptop, handphone dan lainnya, namun dalam konteks jenis desain grafis, desain UI fokus tampilan yang indah pada sebuah aplikasi atau website.

jenis desain grafis ui ux app quran

Saat mendesain applikasi anda harus benar-benar mempertimbangkan interaksi pengguna!

UI mencakup semua hal yang ada kaitannya dengan interaksi pengguna — layar, keyboard, dan mouse — tetapi dalam konteks desain grafis, desain UI lebih berfokus pada pengalaman visual pengguna serta desain elemen grafis seperti tombol, menu, interaksi mikro, dan banyak lagi. Tugas utama seorang desainer grafis UI/UX adlah menyeimbangkan estetika dengan fungsi teknis yang diharapkan.

Seorang desainer grafis dengan spesialisasi user interface, seringnya mengerjakan berbagai desain UI untuk aplikasi web, dekstop, applikasi mobile dan game. Umumnya mereka berkordinasi dengan seorang desainer UX (user experience) yang lebih fokus pada pengalaman pengguna dan cara kerja aplikasi dan developer.

Contoh jenis desain grafis UI / UX

  • Desain halaman website
  • Desain tema (WordPress, Shopify, magento, dll.)
  • User interface game
  • Desain UI untuk aplikasi android atau iOS

jenis desain grafis tema wordpress

Desain tema wordpress oleh Clapart

Seorang desainer UI yang baik adalah biasayany adalah pemain tim yang baik. Mereka memiliki keahlian untuk menerjemahkan keinginan semua pihak menggunakan pengetahuan mereka terkait prinsip UI/UX, desain yang responsif serta web development. Selain wajib menguasai desain desain grafis, seorang desain UI juga membutuhan pengetahuan dasar tentang bahasa pemrograman seperti HTML, CSS dan JavaScript.

Jenis Desain Grafis untuk Penerbitan

Yang dimaksud dengan desain grafis untuk penerbitan adalah segala macam jenis desain yang bertujuan untuk mendukung konsep sebuah buku atau majalah melalui distribusi publik. Secara tradisional umumnya jenis desain grafis ini diaplikasikan kedalam bentuk buku, majalah, koran, radio dan televisi. Namun akhir-akhir ini seiring perkembangan zaman, ada pergeseran signifikan dari media tradisional kearah media digital.

jenis desain grafis cover buku

Ini adalah mockup cover buku yang sedang kami kerjakan untuk klien dari new zealand – Petiterabbit

Desainer grafis dengan spesialisasi desain penerbitan biasanya bekerja dengan seorang editor, penerbit atau penulis buku. Tipikal pekerjaan yang umumnya dilakukan adalah memilih layout keseluruhan halaman dan memastikan seluruh elemen desain seperti huruf, simbol, foto, grafis dan ilustrasi didalam nya tampak selaras.

Contoh jenis desain grafis untuk penerbitan

  • Desain Buku
  • Surat kabar
  • Direktori
  • Laporan Tahunan
  • Majalah
  • Katalog

jenis desain grafis buku

Seorang desainer yang fokus pada penerbitan harus memiliki keterampilan komunikasi, tata letak, dan manajemen aset yang sangat baik. Selain keahlian desain grafis, mereka juga perlu memahami tentang manajemen warna, teknik percetakan serta penerbitan digital.

Jenis Desain Grafis Untuk Kemasan

Fungsi utama sebuah kemasan produk adalah tentunya adalah menyimpan & menjaga produk yang ada didalam nya agar sampai ketangan konsumen dengan aman. Sebuah kemasan produk juga dibuat sedemikian rupa agar dalam proses penyimpanan, distribusi hingga penjualannya dapat berfungsi dengan sempurna. Namun yang paling penting,jika dilihat dari persfektif desain grafis, desain kemasan yang baik harus mampu berkomunikasi dengan konsumen dan membuatnya menjadi sebuah alat promosi yang berharga. Jadi, setiap kotak, botol, kaleng, plastik dan wadah yang akan anda desain adalah kesempatan untuk menceritakan nilai sebuah merek.

desain kemasan coklat choki choki

Popularitas entrepreneurship meningkatkan jumlah pengguna jasa desain grafis online secara signifikan

Seorang desainer dengan spesialisasi desain kemasan biasanya harus membuat sketch, mockup dan mempersiapkan pola potong yang dibuat khusus untuk sebuah kemasan. Hal ini tentunya membutuhkan pengetahuan yang tidak sedikit tentang proses percetakan dan proses industri manufaktur. Dikarenakan jenis desain grafis dengan spesialisasi desain kemasan mencakup berbagai macam keahlian, tidak jarang seorang desainer kemasan juga terpaksa harus belajar fotografi, iulstrasi serta prinsip-prinsip branding dalam pemasaran.

Seorang desainer kemasan bisa jadi adalah seseorang dengan berbagai keahlian atau seorang spesialis pada jenis produk tertentu. Misal ada desainer yang hanya fokus pada kemasan minuman kaleng, atau desainer yang fokus pada kemasan rokok. Pekerjaan mereka membutuhkan keahlian konseptual yang mendalam serta dapat menjadi problem solver bagi klien yang membutuhkan kemasan. Selain itu, seperti yang kami sebutkan diatas, mereka juga harus memahami prinsip desain cetak serta desain industri. Di sisi lain mereka juga harus cukup fleksibel untuk bisa memenuhi permintaan klien, distributor, desainer produk, produsen sambil update terhadap seluruh perkembangan trend terbaru.

Jenis Desain untuk Motion Grafis

Motion artinya bergerak, sedangkan grafis artinya gambar. Jika disederhanakan, motion grafis artinya adalah gambar yang bergerak. Ini bisa mencakup gambar animasi, huruf, video dan jenis efek animasi lain yang biasa digunakan dalam berbagai media. Popularitas berbagai channel pemasaran diluar media konservatif seperti televisi, radio dan koran telah mendorong penggunaan jenis desain grafis untuk motion grafis ketitik tertinggi. Konten video dan gambar bergerak lain tidak dipungkiri telah menjadi raja dalam konten marketing.

 

Animasi title sederhana seperti ini umum digunakan untuk memperkenalkan brand. Motion grafis oleh Arief S. Akbar dari Lucid

Seorang desain motion grafis bisa dibilang merupakan sebuah cabang spesialisasi baru dalam kategori jenis desain grafis pada umumnya. Seorang desainer motion grafis yang baik tentunya harus memahami dengan baik prinsip dasar desain dan videography.

Contoh jenis desain grafis motion grafis

  • Credit title film
  • Iklan
  • Animasi Logo
  • Trailer dan Bumper Video
  • Presentasi
  • Video Iklan dan Promosi
  • Video tutorial
  • Website
  • Aplikasi
  • Video game

Karena korelasi yang kuat dengan videografi, seorang desainer motion grafis harus bisa mengembangkan naskah dan membuat storyboard yang baik. Selain itu juga harus bisa memahami kebutuhan aset-aset lain seperti stock footage, audio atau sound effect hingga animasi lainnya.

Jenis Desain Grafis Untuk Ambient

Jika kita telusuri jenis desain grafis untuk ambient ini merupakan perpaduan berbagai latar belakang, namun tetap didasari oleh pemahaman desain grafis yang mumpuni. Secara visual jenis desain grafis ini mengkoneksikan audiens dengan sebuah area dengan tujuan agar area tersebut mudah diingat, berkesan, menarik, informatif dan mudah di telusuri.

signage menggunakan teknis laser cutting

Popularitas teknik terbaru juga menuntut seorang desainer untuk selalu mengikuti trend. Seperti desain signage menggunakan teknik laser cutting ini. Anda bisa cek salah satu vendor jasa laser cutting yang sering kami gunakan.

Jadi tidak dipungkiri, jenis desain ini adalah jenis desain yang cukup luas, berikut beberapa contohnya :

Contoh jenis desain grafis ambient :

  • Rambu-rambu
  • Mural untuk dinding
  • Desain Pameran
  • Branding Signage Kantor
  • Navigasi transportasi umum
  • Interior Toko
  • Wayfinding atau Signage
  • Ruangan Konferensi atau Acara lain

Seperti yang telah kami sampaikan, pada prakteknya jenis desain grafis untuk keperluan ambient merupakan cabang multidisiplin yang menggabungkan desain grafis, advertising, arsitektur, interior, lansekap dan fabrikasi atau konstruksi. Umumnya seorang desainer dengan spesialisasi ini telah terbiasa bekerja dengan kontraktor atau fabrikator, mereka juga terbiasa membaca gambar teknis dan membantu memberikan solusi dari sisi desain grafis.

Jenis Desain Grafis Seni dan Ilustrasi

Saat berdiskusi dengan orang awam, biasanya mereka beranggapan jika desain grafis dan desain ilustrasi adalah hal yang sama, padahal jika dipahami keduanya adalah hal yang sama sekali berbeda secara mendasar. Desain grafis bertujuan untuk membuat sebuah komposisi, layout untuk menyelesaikan sebuah masalah (mencapai tujuan tertentu), sedangkan desain ilustrasi adalah sebuah karya seni murni, hampir sama seperti melukis. Keahlian dan jam terbang yang dibutuhkan tidak main-main.

jenis desain grafis ilustrasi

Ilustrasi seperti ini membutuhkan pemahaman seni mendalam. Karya oleh Salwa Majoka

Meskipun secara mendasar berbeda, dalam pengerjaan secara teknisnya mereka relatif  bersinggungan. Terlebih dengan banyaknya pilihan hardware digital yang mampu menggantikan fungsi alat-alat ilustrasi konvensional seperti pensil dan kuas.

jenis desain grafis ilustrasi
Ilustrasi oleh Vincencius Indra, salah satu partner kami di petiterabbit.com. Cek karya nya disini

Contoh seni dan ilustrasi untuk desain grafis

  • Desain kaos
  • Pola grafis untuk tekstil
  • Motion Grafis
  • Novel Grafis
  • Video game
  • Situs web
  • Buku komik
  • Album Seni
  • Sampul buku
  • Buku bergambar
  • Infografis
  • Ilustrasi teknis
  • Konsep seni

desain ilustrasi karakter

Menurut prediksi industri esport akan meledak dimasa depan, ini tentunya merupakan kesempatan bagi para desainer. Karya oleh Matthew Mizak

Desainer ilustrastor memaksimlakan berbagai kombinasi hardware dan software untuk menciptakan karya mereka. Dalam prakteknya mereka sering bekerjasama dengan art director, editor, pemilik perusahaan dan manajer desain. Biasanya mereka memiliki latar belakang seni rupa yang kuat.

Pilih jenis spesialisasi yang sesuai dengan kebutuhan anda

Industri desain grafis berkembang semakin pesat mengikuti perkembangan dunia teknologi. Begitu juga dengan bisnis-bisnis yang beroperasi di industri konvesional yang dipaksa ikut berubah agar tidak tertinggal dan hancur. Hal ini mendorong popularitas penyedia jasa desain lepas atau sering disebut freelancer. Beberapa marketplace sukses menjembatani trend ini, di Indonesia kita bisa menyebut seperti sribu.com, projects.co.id atau freelancer.com.

Jadi jika seorang desainer atau pemiliki usaha yang sedang membutuhkan jasa desain grafis, mengenali berbagai jenis desain grafis akan membantu anda mengindentifikasi spesialist untuk menangani proyek anda.

Leave a Reply

Chat Saya Sekarang
1
Konsultasi gratis via Whatsapp
Halo, ada yang mau ditanyakan tentang jasa desain, branding atau website dan SEO?